Monday, March 1, 2010

BENCANA DI CHILI

Korban yang ditemukan beberapa hari pasca gempa dan sunami di Chili semakin banyak jumlahnya. Hari ini korban ditemukan sudah mencapai 708 jiwa. Kerusakan terparah terdapat di kota Conception yang merupakan kota terdekat dengan titik pusat
Gempa yang terjadi. Guncangan gempa di negara Chili ini merupakan gempa yang sangat kuat. Bahkan lebih kuat dari Gempa Jogaja, gempa Padang, gempa Maluku dan gempa Jambi di Indonesia. Gempa dakhsyat di Chili ini sempat menjadikan Sunami yang menyapu daerah pantai negara Chili. Kota di pinggir pantai rubuh dan luluh lantak diguncang gempa dan diterjang tsunami yang datang 30 menit sesudah gempa. Hingga hari ini 1,5 juta penduduk masih mengungsi di tenda tenda pengungsian. Karena rumah warga telah berantakan setelah datangnya gempa dengan kekuatan 8,8 Sr ini.
Beberapa hari setelah terjadinya bencana di Chili ini, telah membuat kurangnya bahan pangan. Penjarahan mulai terjadi setelah 2 hari pasca gempa dan sunami Chili. Begitulah kira kira cerita duka dari bumi Santiago.
Semoga sesama manusia akan saling bantu membantu. Semoga masyarakat Chili akan tabah menerima cobaan hidup ini. Tabah setabah orang orang Indonesia yang tidak mengakibatkan penjarahan walau sunami Aceh lebih parah dari sunami Chili.

No comments: